Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Motret Milkyway?

waktu motret milkyway

Kapan waktu yang tepat untuk motret milkyway? Jadi karena kemarin ada yang bertanya kapan enaknya buat motret milkyway, sekarang saya akan sedikit berbagi triknya, gampang kok.


Yang penting pertama kita harus punya gadgetnya dulu, kalo gak handphone bisa juga laptop.

Instal aja Stelarium untuk yang laptop. Nah, di stelarium ini akan banyak fitur yang memudahkan untuk melihat milkyway berada di posisi mana.

Enaknya, aplikasi ini bisa di set di daerah mana aja, jadi gak akan meleset kalo pas hunting. Dan tentu bisa melihat kapan milkyway ini muncul pada jam berapa, terus juga bisa melihat kapan milkywaynya akan tenggelam. Sebenernya sih bukan tenggelam ya, tapi yang nampak hanya ekornya saja.


Ini yang mau download Stelarium bisa disini. DOWNLOAD


Baca juga : Pengaturan Kamera Untuk Motret Milkyway



cara melihat milkyway

Nah, kalo yang dari handphone bisa instal yang namanya StarChart, tenang ini free jadi yang saya bagikan disini semua free bukan apps yang berbayar. Sebenernya masih banyak aplikasi yang serupa, tapi saya pakainya ini.


Oke, kalo yang starchart ini fungsinya hampir sama seperti stelarium tadi, tapi enaknya ini di handphone dan udah pakai AR (Augmented Reality). Jadi kalo pas udah di lapangan terus gak sempet survey posisi milkywaynya dimana ini solusi paling yahud pokoknya, hihihi


Ini yang mau download Starchart bisa disini. DOWNLOAD


Baca juga : Motret Malam di Rawa Pening



aplikasi milkyway


apps untuk melihat sunrise

Terus ini aplikasi tambahan aja buat nentuin matahari terbit darimana dan juga bisa buat nentuin bulan terbit dari posisi mana, namanya LunaSolCal. Yah, lumayan kalo pas hunting milkyway sampai pagi bisa sekalian survey buat hunting sunrise sekalian. Oke sekian, semoga bermanfaat.


Baca juga : Tips Milkyway di Gedong Songo


Ini yang mau download LunaSolCal bisa disini. DOWNLOAD



milkyway di teluk awur

Selamat hunting....!!

4 komentar:

  1. Makasih infonya mas. Sangat bermanfaat banget, kalau gini ga perlu lagi kejar-kejaran sama milkyway karena kita bisa nunggu di tempat yang tepat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha, ayuklah saya diajakin nek hunting, masak dia terus yg diajakin bang..😁

      Hapus
  2. Sungguh info yang berguna bagi saia yg rencananya musim kemarau ini mau mulai berburu milkway...

    Hatur nuhun gan..
    Semoga sukses selalu.. Aamiin

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.